Demo Tolak Pemekaran Papua di Yahukimo Berakhir Ricuh, 2 Orang Tewas Kena Tembakan Aparat - DEMOCRAZY News
DAERAH PERISTIWA

Demo Tolak Pemekaran Papua di Yahukimo Berakhir Ricuh, 2 Orang Tewas Kena Tembakan Aparat

DEMOCRAZY.ID
Maret 16, 2022
0 Komentar
Beranda
DAERAH
PERISTIWA
Demo Tolak Pemekaran Papua di Yahukimo Berakhir Ricuh, 2 Orang Tewas Kena Tembakan Aparat

Demo Tolak Pemekaran Papua di Yahukimo Berakhir Ricuh, 2 Orang Tewas Kena Tembakan Aparat


DEMOCRAZY.ID - Sejumlah pedemo yang menolak pemekaran wilayah atau daerah otonomi baru (DOB) di Kabupaten Yahukimo, Papua, meninggal dunia akibat terkena tembakan polisi.


"Yang kami ketahui, untuk korban yang meninggal terkena tembakan atas nama Yakop Deal (30) dan Erson Weipsa (22)," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal kepada wartawan, Selasa (15/3).


Ia menjelaskan demonstrasi itu dilakukan sejak pukul 10.00 WIT di beberapa titik di Kota Dekai, untuk kemudian menyampaikan aspirasinya di kantor Kominfo wilayah tersebut.


Aksi itu semula berjalan kondusif. Orasi yang dilakukan massa aksi berlangsung hampir sekitar tiga jam. Kamal menyebut gelaran demo mulai menyulut keributan. 


Polisi mengklaim massa melakukan pembakaran pukul 13.20 WIT.


"Dampak dari aksi yang dilakukan oleh masa pendemo ini juga menyasar kepada petugas kepolisian setempat sehingga terjadi bentrok massa dan pembakaran-pembakaran di beberapa titik," jelas dia.


Demo Tolak Pemekaran Papua di Yahukimo Berakhir Ricuh, 2 Orang Tewas Kena Tembakan Aparat

Sejumlah anggota kepolisian pun terluka. Hingga akhirnya, kata Kamal aparat "mengambil tindakan tegas dan terukur". 


Selain dua orang meninggal, terdapat dua massa yang juga terkena luka tembak pada bagian paha atas nama Etos Itlay dan Luki Kobak.


"Saya juga sudah berkoordinasi dengan Kapolres Yahukimo dan Bupati untuk segera di tangani bagaimana melakukan langkah-langkah cepat dalam menghadapi masyarakat," jelas Kamal.


Menurutnya, pengamanan aksi unjuk rasa itu semula dilakukan oleh 200 personel dari Satgas Damai Cartenz. Pengamanan ditambah 200 orang lagi oleh anggota Polres Yahukimo.


"Nantinya saya akan tambahkan personel untuk menjadi perkuatan di kabupaten Yahukimo. Untuk anggota yang menjadi korban saat ini sebanyak 1 orang an. Briptu Muhammad Andi yang terkena luka sobek pada bagian kepala dan saat ini telah ditangani oleh tim medis," tandas dia.


Di pihak lain, Manajemen Markas Pusat KOMNAS Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), berdasarkan laporan aktivis pembela HAM Papua dari Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo, mengklaim tiga orang tewas dalam demo tersebut. 


"Manajemen Markas pusat KOMNAS TPNPB-OPM telah terima laporan dari Yahukimo bahwa pasukan teroris Indonesia Yaitu TNI dan Polri tembak mati seorang korlap aksi demo tolak DOB Papua di Yahukimo dan yang lain mengalami luka tembak (TNI/Polri Tembak Mati 3 Orang Demonstran)," demikian pernyataan siaran pers TPNPB-OPM, Selasa (15/3).


TPNPB-OPM pun "memberikan peringatan Keras kepada semua Bupati yang usul pemekaran di seluruh Tanah Papua, termasuk Bupati Kabupaten Yahukimo yaitu Didimus Yahuli." [Democrazy/CNN]

Penulis blog