Bandingkan Formula E Dengan MotoGP Mandalika, Elite PDIP: Formula E Cuma Proyek Gengsi Anies! - DEMOCRAZY News
DAERAH POLITIK

Bandingkan Formula E Dengan MotoGP Mandalika, Elite PDIP: Formula E Cuma Proyek Gengsi Anies!

DEMOCRAZY.ID
Maret 27, 2022
0 Komentar
Beranda
DAERAH
POLITIK
Bandingkan Formula E Dengan MotoGP Mandalika, Elite PDIP: Formula E Cuma Proyek Gengsi Anies!

Bandingkan Formula E Dengan MotoGP Mandalika, Elite PDIP: Formula E Cuma Proyek Gengsi Anies!

DEMOCRAZY.ID - Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan, Gilbert Simanjuntak, menyebut Formula E adalah proyek gengsi Gubernur Anies Baswedan. 


Gilbert mengatakan bahwa Formula E tidak terlalu mendesak.


"Ini proyek gengsi. Apa yang mendesak dari formula E? Ini rugi. Apa yang membuat keputusan dalam 2 minggu dan mendesak? Ini ada sesuatu gengsi yang dipertaruhkan," ujar Gilbert dalam diskusi Total Politik bertajuk 'Antara GP Mandalika dan Formula E, Adu Politik Mercusuar?' di Jakarta Pusat, Minggu (27/3/2022).


Ketika disinggung terkait gelaran MotoGP Mandalika dan Formula E, dia menyebut sangat berbeda. 


Sebab, proyek MotoGP merupakan proyek nasional sedangkan gelaran Formula E dianggap hanya keperluan mendesak.


"You do in Mandalika dan we do in Jakarta. Lalu sempat dipaksakan pindah (lokasi) di tanah reklamasi, tapi kan nggak boleh. Jadi ini bukan permanen. Ini mercusuar? Tidak. Ini proyek yang dipaksakan tanpa perencanaan yang matang," kata Gilbert.


Gilbert mengatakan proyek Formula E tidak bisa dibilang proyek Mercusuar, melainkan proyek Mercusuir, karena persiapan untuk Formula E sangatlah minim.


"Itu kan pembangunan dipaksakan di atas tanah rawa dipindah dari Monas. Ini kan tanpa perencanaan. Lalu dipindah karena tidak ada tempat lagi dipaksakan di Ancol tanpa diduga ada rawa. Harusnya itu ada 6 bulan evaluasi tapi dipaksakan dibangun," jelas Gilbert.


Sebelumnya, pembangunan sirkuit Formula E Jakarta terus dikebut. 


Saat ini progres pembangunan lintasan mencapai 87,9 persen. 


Pantauan di lokasi pada Jumat (25/3), seluruh lintasan Formula E telah di aspal lapisan pertama. Aspal di beberapa lintasan terlihat masih basah.


Terpantau masih ada kegiatan pengaspalan di beberapa zona. Alat berat pun masih hilir mudik masuk ke area proyek.


Sirkuit Formula E sendiri memiliki lima zona dengan panjang lintasan 2,5 kilometer dan memiliki 18 tikungan.


Penasihat Sirkuit Formula E yang merupakan tim teknis dari Ikatan Motor Indonesia, Irawan Sucahyono, menerangkan sirkuit Formula E dilengkapi banking atau lintasan yang sengaja dimiringkan. Kemiringannya mencapai 6 derajat.


"Aspal perhitungan konstruksi kemarin 87,91 persen. Ini adalah tikungan pertama, turn 1 ini paling menarik. Masuk kecepatan rendah. Makanya di depan ada aspal lebih, biasanya banyak mobil yang overshoot, kelewatan. Makanya di ujung ada pengamanannya," kata Irawan, Jumat (25/3). [Democrazy/detik]

Penulis blog