POLITIK

Kepala Otorita IKN Nusantara Dipilih Jokowi, Ujungnya Tetap Saja Hasil 'Cawe-cawe' PDIP

DEMOCRAZY.ID
Februari 24, 2022
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Kepala Otorita IKN Nusantara Dipilih Jokowi, Ujungnya Tetap Saja Hasil 'Cawe-cawe' PDIP

Kepala Otorita IKN Nusantara Dipilih Jokowi, Ujungnya Tetap Saja Hasil 'Cawe-cawe' PDIP

DEMOCRAZY.ID - Siapa sosok kepala otorita Ibukota Negara (IKN) Nusantara masih menjadi misteri. 


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap akan segera melantik figur yang akan ditunjuknya pekan depan.


Pengamat politik Dedi Kurnia Syah mengatakan jika Kepala Otorita IKN Nusantara yang dipilih oleh Presiden Jokowi adalah sosok yang direkomendasikan PDIP.


Kepala Otorita IKN Baru Harus Dapat Restu PDIP 


Dedi mengungkapkan bahwa paling tidak Kepala Otorita IKN harus mendapatkan restu dari partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu.


"Lebih mungkin dekat dengan PDIP, sekurang-kurangnya bukan tokoh yang secara tegas berseberangan dengan PDIP," kata Dedi pada Kamis, 24 Februari 2022.


Menurut Dedi, dirinya memperkirakan akan sangat kecil kemungkinan terjadi gejolak politik dalam menentukan Kepala Otorita IKN.


Partai Koalisi Serahkan Keputusan Pada Jokowi


Menurutnya, parpol yang tergabung dalam koalisi pendukung pemerintah akan menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi mengenai Kepala Otorita IKN. Hal tersebut memang sepenuhya adalah hak prerogatif presiden.


Presiden Jokowi, kata Dedi, memang sudah terbiasa untuk memilih tokoh di luar kebiasaan umum atau dari kalangan partai politik (parpol). 


Salah satu contohnya yaitu Andi Widjajanto yang baru saja terpilih sebagai Gubernur Lemhanas.


Kepala Ototita Dari Kalangan Profesional


"Demikian halnya dengan Kepala Otorita IKN bisa saja memang dari kalangan profesional," ujar Dedi.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memutuskan jika Kepala Badan Otorita Ibukota Negara (IKN) baru, Nusantara  bukan berasal dari partai politik (Parpol). 


Presiden Jokowi mengatakan nama Kepala Otorita IKN baru, Nusantara yang pertama akan diumumkan dan dilantik minggu depan. 


“Secepatnya-secepatnya, ya mungkin ini minggu-minggu depan sudah kita lantik,” kata Presiden Jokowi seperti yang dikutip dari kanal Youtube Beritasatu pada Rabu, 23 Februari 2022.


Kepala Otorita IKN Baru dari Non-Parpol


Presiden juga memberikan sedikit bocoran, bahwa sosok Kepala Otorita IKN baru, Nusantara yang pertama berasal dari non parpol.


 ”( Kepala Otorita IKN berasal dari) Non partai,” tegasnya.


Sementara itu, meski Presiden Jokowi telah mengungkapkan jika Kepala Otorita IKN baru, Nusantara  yang pertama dari kalangan non parpol, namun PDIP tetap percaya diri dan menyodorkan nama Ahok.


PDIP Yakin Jokowi Tunjuk Ahok


Politikus PDI Perjuangan Ruhut Sitompul sangat yakin Presiden Jokowi bakal menunjuk Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjadi Kepala Otorita pertama Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.


Menurut Ruhut, Ahok bakal menerima jabatan itu jika ditunjuk langsung Presiden Jokowi. 


”Kalau menteri semua kan identik dengan APBN pemerintah, karena itu aku lebih cenderung kemungkinan Ahok (jadi Kepala Otorita IKN baru),” katanya. [Democrazy/hops]

Penulis blog