HUKUM

Mahfud MD: Terdakwa Korupsi di Indonesia Didominasi Lulusan Perguruan Tinggi

DEMOCRAZY.ID
Oktober 21, 2021
0 Komentar
Beranda
HUKUM
Mahfud MD: Terdakwa Korupsi di Indonesia Didominasi Lulusan Perguruan Tinggi

Mahfud MD: Terdakwa Korupsi di Indonesia Didominasi Lulusan Perguruan Tinggi

DEMOCRAZY.ID - Menko Polhukam, Mahfud MD, menilai kampus tidak hanya menjadi tempat bagi para mahasiswa untuk menimba ilmu. 


Lebih dari itu, menurutnya kampus saat ini justru dapat membantu mahasiswa untuk meningkatkan wawasan kebangsaan yang mereka miliki.


Hal itu disampaikan Mahfud MD saat menyampaikan kuliah umum di Universitas Semarang (USM), Rabu (20/10).


"Kampus tidak sebatas melakukan transfer ilmu pengetahuan, melainkan juga menjadi tempat di mana mahasiswa ditempa untuk bersikap layaknya sebagai warga negara yang memahami bangsanya sendiri," ujar Mahfud dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/10).


Dia menambahkan bahwa pemantapan wawasan kebangsaan tersebut tidak hanya sebatas bagaimana setiap warga negara memiliki pengetahuan yang memadai tentang rancang bangun kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.


Menurut Mahfud, pemantapan wawasan kebangsaan harus dilakukan sampai pada level kesadaran, yaitu kesadaran atas realitas keberagaman bangsanya yang dibangun di atas empat konsensus kebangsaan dan kenegaraan sebagai penopang eksistensinya.


"Baik atau tidaknya wawasan kebangsaan akan bergantung pada tingkat pengetahuan dan kesadaran seorang warga negara itu sendiri," ungkap Mahfud.


Melalui kuliah umumnya, Mahfud juga menggarisbawahi soal pentingnya pembekalan akan semangat antikorupsi kepada para mahasiswa.


Hal itu menurutnya penting disampaikan terlebih karena tercatat dari seluruh terdakwa kasus korupsi di Indonesia, 86 persen di antaranya merupakan lulusan perguruan tinggi.


"Jika dilihat dari pelaku-pelaku korupsi dan kolusi, perguruan tinggi menjadi terdakwa utama di dalam kemelut yang menimpa bangsa ini. Terutama kemelut korupsi di Indonesia," ucap Mahfud.


Lebih jauh, kata Mahfud, perguruan tinggi pun memiliki peran besar dalam membawa perubahan serta kemajuan bagi negara.


"Tapi juga harus diingat, bahwa Perguruan tinggilah yang membawa kemajuan terhadap bangsa ini. Berkat lulusan perguruan tinggi banyak inovasi-inovasi dilakukan di berbagai hal," kata Mahfud.


Hadir dalam kesempatan itu, Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi sekaligus memandu acara; Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Prof. Sudharto P Hadi; Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof. Dr. Ir. Kesi Widjajanti; Rektor USM Andy Kridasusila; para rektor dan para dekan fakultas hukum perguruan tinggi Jawa Tengah. [Democrazy/kmpr]

Penulis blog