PERISTIWA POLITIK

Fadli Zon Koreksi Diksi di Baliho Puan Maharani, Elite PDIP Justru Beri Tanggapan Begini

DEMOCRAZY.ID
Agustus 02, 2021
0 Komentar
Beranda
PERISTIWA
POLITIK
Fadli Zon Koreksi Diksi di Baliho Puan Maharani, Elite PDIP Justru Beri Tanggapan Begini

Fadli Zon Koreksi Diksi di Baliho Puan Maharani, Elite PDIP Justru Beri Tanggapan Begini

DEMOCRAZY.ID - Politikus senior PDIP, Hendrawan Supratikno menyebut koreksi yang disampaikan Fadli Zon pada penulisan 'bhinneka' di baliho Puan Maharani benar jika dilihat sesuai KBBI. 


Namun demikian, Hendrawan menyebut koreksi tersebut menjadi salah lantaran kata 'bhinneka' dalam baliho Puan Maharani mengikuti konteks 'Bhinneka Tunggal Ika'.


"Fadli Zon benar, dalam KBBI yang ada kebinekaan. Namun 'kebhinnekaan' benar bila yang diacu adalah konteks 'Bhinneka Tunggal Ika', dan itu konteks narasi tersebut," kata Hendrawan saat dihubungi, Senin (2/8/2021).


Hendrawan menyebut konteks yang ada dalam baliho Puan Maharani mengandung makna 'saling menghormati dan saling menghargai'. 


Sementara itu, koreksi yang disampaikan Fadli Zon, kata Fadli Zon, memiliki tafsir 'membesar-besarkan perbedaan'.


"Kebhinnekaan mengandung makna 'saling menghormati dan saling menghargai', jadi tidak benar tafsir 'membesar-besarkan perbedaan'," ucapnya.


Meski demikian, Hendrawan berterima kasih kepada Fadli yang selalu mengingatkan arti penting konteks. 


Dia lantas menyebut konteks lah yang membuat teks menjadi bermakna.


"Terima kasih untuk Pak Fadli Zon yang selalu mengingatkan kita terhadap arti penting konteks. Dalam kajian sastra dan budaya, 'konteks' membuat 'teks' menjadi penuh makna," ujarnya.


Fadli Zon Kritik Baliho Puan Maharani


Baliho Ketua DPR Puan Maharani yang terpajang di seluruh negeri dikomentari anggota DPR Fadli Zon. Fadli Zon mengoreksi diksi yang menurutnya salah.


"Mari gunakan bahasa Indonesia yg baik dan benar apalagi dlm bentuk baliho besar yg terpampang ke seantero negeri," kata Fadli Zon dalam cuitan Twitter yang dibagikan kepada wartawan, Senin (2/8/2021). 


Fadli Zon menyatakan cuitannya ini terkait baliho Puan Maharani.


Adapun Fadli Zon mengoreksi kata 'kebhinnekaan' di dalam baliho Puan. 


Fadli menyebut komentarnya ini sekadar koreksi.


"Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yg benar itu 'kebinekaan' bukan 'kebhinnekaan'. Tapi kelihatannya semua baliho sdh dipajang. Sekedar koreksi," ujarnya.


Fadli Zon memerinci arti 'kebinekaan'. Fadli Zon juga berbicara soal persatuan.


"'Kebinekaan' artinya keberagaman, berbeda-beda. Harusnya bukan keberagaman (perbedaan) yg ditonjolkan, tp persatuan dlm keberagaman itu. Unity in diversity, 'Bhinneka Tunggal Ika' dlm serat 'Kakawin Sutasoma' karya Mpu Tantular. Jd jgn kita kepakkan sayap," ujarnya. Perbedaan, tapi persatuan. [Democrazy/tmp]

Penulis blog