Habib Rizieq Shihab Bakal Gabung ke PKS? Begini Kata Refly Harun

DEMOCRAZY.ID
November 16, 2020
0 Komentar
Beranda
Habib Rizieq Shihab Bakal Gabung ke PKS? Begini Kata Refly Harun

Habib Rizieq Shihab Bakal Gabung ke PKS? Begini Kata Refly Harun
DEMOCRAZY.ID - Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun angkat bicara mengenai kemungkinan bergabungnya Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab ke dalam tubuh Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Refly Harun mengatakan, kemungkinan itu tidak mengherankan dan bisa saja terjadi apabila kedua belah pihak memiliki pandangan yang sama, menjadi opisi Pemerintahan Presiden Jokowi.


Opini Refly Harun tersebut berangkat dari sepenggal video yang berisi ungkapan Habib Rizieq akan mendukung PKS dalam Pilpres 2024.


"Kalau benar potongan video tersebut Habib Rizieq akan menyalurkan aspirasinya ke PKS. Tentu hal itu merupakan kebahagaiaan tersendiri bagi PKS. Pilihan tersebut tidak mengherankan. Kenapa begitu?" ujar Refly Harun dikutip dari tayangan dalam Kanal YouTube miliknya.


Refly Harun menegaskan, bisa dipahami apabila pandangan politik Habib Rizieq memang mengarah ke PKS.


Pasalnya, menurut Refly ada dua kecocokan antara Habib Rizieq dan PKS yakni sama-sama oposisi pemerintahan Jokowi serta basis Islam yang kuat.


"PKS menunjukkan sikap oposisi dan itu yang juga selalu disuarakan Habib Rizieq. Kalau diperhatikan, Habib Rizieq kan frontal terhadap pemerintahan yang ada," ungkap Refly Harun.


Kemudian, Refly Harun mengatakan PKS dan Habib Rizieq sama-sama memiliki basis massa Islam yang besar.


Hal itu membuat keduanya dapat mengerahkan aliansi strategis yang kuat.


"PKS partai islam dan berbasis massa islam. Cocok dengan Habib Rizieq," ucap Refly.


Terkait alasan tidak dipilihnya partai Islam lain, Refly Harun menuturkan karena hanya PKS yang beroposisi terhadap Presiden Jokowi.


"Partai Islam lain tidak menunjukkan sikap oposisi. Misal PKB bagian dari Istana, demikian dengan P3," ujar Refly.


"Pilihan dukung PKS masuk akal," tandasnya.


Sebelumnya, PKS tawari Habib Rizieq menjadi kader PKS. Tak hanya itu, jika mau, Habib Rizieq akan mejadi salah satu petinggi partai tersebut.


Hal itu dikatakan Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat berkunjung ke kediaman Habib Rizieq Shihab pada Rabu (11/11/2020) kemarin.


"Sudah saya tawarkan, tapi belum ada tanggapan. Beliau kan dalam beberapa kesempatan memberikan support kepada PKS karena yang konsisten memperjuangkan aspirasi-aspirasi beliau," kata Syaikhu saat safari ke markas DPD PKS Tangsel, Minggu (15/11/2020) malam.


Salah satu alasannya mengajak Habib Rizieq Shihab bergabung ke PKS karena kesamaan visi soa revolusi akhlak yang gencar digaungkan oleh masing-masing lembaganya.


"Masyarakat yang harus dijaga dengan akhlak yang baik, punya integritas, amanah, dan dia betul-betul membangun kepentingan bangsa. Itu yang kita inginkan, Habib Rizieq juga seperti itu. Dalam revolusi akhlak ini, bagaimana mewujudkan akhlak yang baik yang dicontohkan oleh Rasulullah," terangnya. [Democrazy/suara]

Penulis blog