AGAMA PERISTIWA

Momen Pertemuan UAS dan Habib Rizieq Saat Pilkada DKI 2017, Begini Kisahnya...

DEMOCRAZY.ID
November 16, 2020
0 Komentar
Beranda
AGAMA
PERISTIWA
Momen Pertemuan UAS dan Habib Rizieq Saat Pilkada DKI 2017, Begini Kisahnya...

Momen Pertemuan UAS dan Habib Rizieq Saat Pilkada DKI 2017, Begini Kisahnya...
DEMOCRAZY.ID - Ustaz Abdul Somad atau UAS terlihat mempunyai hubungan dekat dengan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI). 

Beberapa hari lalu UAS juga muncul menyambut Habib rizieq Syihab di Ponpes Agrokultural Markas Syariat, Mega Mendung, Bogor, Jawa Barat.


Bagaimana hubungan mereka? Apakah hanya masa Pilkada DKI 2017? 


UAS ternyata sudah lama bersimpati pada Habib Rizieq, jauh sebelum Pilkada DKI 2017 terjadi. 


UAS mengaku dia ada perbedaaan antara dia dengan Habib Rizeq, namun ada satu sisi kesamaan yang membuatnya menjadi simpati dengan tokoh sentra FPI tersebut.


Pada Pilkada DKI 2017 Ustaz Abdul Somad mengatakan dia simpati pada Habib Rizieq sudah sejak dulu. Namun ia mengaku terkesan dengan sosok HRS dalam Pilkada yang menguras emosi publik Jakata itu, Habib Rizieq menyuarakan dukungan kepada pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.


“Jadi keberaniannya (menegakkan amar maruf nahi munkar) itu bagi saya sesuatu yang menantang, saya senang,” kata UAS dalam kanal Youtube Karni Ilyas Channel dikutip Senin 16 November 2020.


Peceramah asal Pekanbaru ini mengaku senang dengan prinsip Habib Rizieq menegakkan amar maruf nahu munkar atau menegakkan kebenaran dan mencegah keburukan.


“Ada beberapa titik persamaan, saya senang sekali dengan gerakan amar maruf nahi munkar. Ada banyak orang amar maruf nahi munkar semangat mengajak orang berdzikir, salawat mengajak memakmurkan majid tapi ketika munkar, melihat perbuatan maksiat itu diam,” kata UAS.


Dia mengatakan amar maruf nahi munkar terkait dengan kepentingan orang banyak. makanya kalau disinggung soal hal ini, bisa menimbulkan pergolakan.


“Sehingga kalau kita sentuh, kalau istilah orang Melayu, kalau periuk belanga orang tersentuh dia mengamuk. Jadi saya simpati dari awal, sebelum ketemu beliau (Habib Rizieq) hiruk pikul Pilkada 2017. Soal keberanian bagi saya sesuatu yang menantang,” ujar UAS.


Bedanya dengan Habib Rizieq


Ustaz Abdul Somad mengatakan satu sisi ada persamaan dengan Habib Rizieq dalam amar maruf nahi munkar, namun dia ada perbedaan lho.


Salah satunya yang beda dengan tokoh sentral FPI adalah riwayat dan pengalaman menimba ilmunya.


“Saya (kuliah) di Mesir beliau di Imam Muhammad Ibnu Saud di Riyadh. Di Mesir lebih terbuka sedangkan di Riyadh ini satu mazhab saja,” kata UAS.


Perbedaan lainnya, dari sisi nasab (keturunan), UAS mengatakan dirinya orang biasa. Sementara Habib Rizieq adalah habib yang merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW.


Sambut dengan Tangis


Beberapa hari lalu ulama kondang Ustaz Abdul Somad mengikuti rombongan Habib Rizieq Shihab ketika mengunjungi Pondok Pesantren Agrokultural Markaz Syariat yang berlokasi di Jalan Cikopo Selatan, Kampung Lembah Nendeut, RT05/04, Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.


UAS memberikan tausiah di Pondok Pesantren Agrokultural Megamendung, Kabupaten Bogor, tiba-tiba ia mengeluarkan air mata di hadapan para jemaah dan Habib Rizieq Shihab.


Pada sebuah momen yang direkam oleh salah satu pegiat organisasi massa Fornt Pembela Islam (FPI) terlihat Ustaz Abdul Somad sedang memberikan ceramah tentanng adab seseorang khusunya umat muslim terhadap Dzuriyah alis keturunan Nabi Muhammad SAW.


Jika kalian belum sanggup berbuat baik dan beramal sholeh, kata Abdul Somad, paling tidak jangan sampai menyakiti hati para keturunan Nabi Muhammad, apalagi memfitnahnya dengan kata-kata yang tidak pantas.


Wahai para pelaku pendosa, wahai para pezinah yang belum bertobat, kalau kalian belum sanggup untuk berbuat baik, kalau kalian belum mampu untuk beramal sholeh, paling tidak jangan kau sakiti Dzuriyah Rasulullah, jangan keluarkan kata-kata fitnah,” ujar Abdul Somad.


Ketika berbicara sambil memegang sebuah mikrofon, tiba-tiba nada berbicara Ustaz Abdul Somad berubah, lalu ia nangis mengeluarkan air mata.


Setelah momen itu, UAS pun berusaha membersihkan air mata yang jatuh membasahi area di sekitar wajahnya. [Democrazy/suara]

Penulis blog