POLITIK

Berikut Hasil Lengkap Survei Jokowi: Kinerja Menhan Prabowo Paling Memuaskan

DEMOCRAZY.ID
Oktober 23, 2020
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Berikut Hasil Lengkap Survei Jokowi: Kinerja Menhan Prabowo Paling Memuaskan

Berikut Hasil Lengkap Survei Jokowi: Kinerja Menhan Prabowo Paling Memuaskan
DEMOCRAZY.ID - Kinerja jajaran Kabinet Indonesia Maju tidak luput dari penilaian publik pada masa satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Dari hasil survei yang dilakukan Indonesia Political Review (IPR), tingkat kepuasan publik terhadap kinerja para menteri masih di bawah 50 persen.


Hal itu itu terungkap pada survei yang melibatkan 1.000 responden di 34 provinsi.


Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menyebut, survei dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi - Ma'ruf Amin dan mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja para menteri Jokowi- Ma’ruf Amin.


Hasilnya, sebanyak 43,7 persen publik merasa puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin sedangkan 51,3 persen responden mengaku tidak puas dan 5 persen lainnya memilih tidak tahu atau tidak menjawab.


"Hasil survei menyebutkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja para menteri kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin secara umum masih relatif di bawah 50 persen," kata Ujang dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/10/2020).


Ujang mengungkapkan kalau Menteri Pertahanan Prabowo Subianto paling banyak dipilih responden sebagai menteri yang berkinerja paling memuaskan. Sebanyak 45,2 persen responden memilihnya.


Lalu pada posisi kedua terdapat Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendapatkan pilihan 44,9 persen responden yang merasa puas atas kinerjanya. 


Sementara di peringkat ketiga terdapat Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang memperoleh 44,8 persen kepuasan publik.


Lebih lanjut, di bawah nama tiga menteri itu ada Jaksa Agung ST Burhanuddin yang mendapatkan kepuasan dari 44 persen responden, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md 43,7 persen, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian 43 persen, Menteri PUPR Basuki Hadimulyo 42,8 persen dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita 42,5 persen.


Ujang juga mengungkapkan menteri yang paling sedikit dipilih responden. Yakni Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga yang hanya memperoleh 34,8 persen kepuasan publik, Menristek Bambang Brodjonegoro 34,5 persen, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko 34,0 persen, Sekretaris Kabinet Pramono Anung 33,6 persen, dan terakhir Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah 33,3 persen.


Survei dilakukan pada 1-10 Oktober 2020 dengan cara telesurvei atau menghubungi melalui kontak telepon. Wawancara yang dilakukan dengan kuesioner tersebut menggunakan metode multistage random sampling. 


Margin of error dalam survei ini kurang lebih sebanyak 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. [Democrazy/sracom]

Penulis blog